POWER THRESHER


Makalah Mesin dan Peralatan 1I


THRESHER


Oleh:

KELOMPOK V







UNIVERSITAS SYIAH KUALA
JURUSAN TEKNIK PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN
DARUSSALAM,BANDA ACEH
2011




KATA PENGANTAR

           
Puji dan syukur kehadirat Allah swt, yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah Nya sehingga makalah ini dapat kami selesaikan dengan baik. Makalahini berjudul “  Thresher” ditulis untuk  memenuhi tugas mata kuliah Mesin Peralatan II. Makalah ini membahas tentang cara kerja mesin tersebut pada saat merontokkan padi.
 Penulisan makalah ini dapat berjalan dengan lancar berkat bimbingan dari Bapak Safrizal, ST.,M.Sc. Oleh karena itu,melalui pengantar ini,kami dari kelompok V mengungkapkan rasa terima kasih kepada beliau,dan kepada semua pihak yang telah ikut membantu.
Kami menyadari bahwa makalah ini mungkin belum cukup sempurna dijadikan sebagai sumber rujukan utama bagi mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman . Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak.
                                                                                                                    




            Banda Aceh,10 Maret 2011
                 


                     Kelompok V


BAB  I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Kebutuhan akan mekanisasi pertanian semakin meningkat seiring dengan makin langkanya tenaga kerja pertanian dan adanya kenaikan upah yang nyata di pedesaan terutama di daerah dengan intensitas tinggi. Indikator paling sederhana untuk mengukur bahwa mekanisasi pertanian makin dibutuhkan dapat dilihat dari meningkatnya jumlah alsintan yang digunakan terutama di daerah intensifikasi. Selama periode 1973 sampai sekarang, jumlah alsintan pra dan pasca panen terus meningkat. Seperti penggunaan traktor dari tahun ke tahun terus meningkat, berbeda dengan jumlah alat perontok (Threser) masih sangat sedikit dan tidak sebanding dengan luas areal intensifikasi padi sawah. Padahal alat perontok padi (Threser) ini sangat berperan dalam mengurangi tingkat kehilangan hasil padi untuk peningkatan mutu dan nilai tambah.
Dalam usahatani padi, thresher merupakan alat untuk merontokkan padi menjadi gabah. Alat ini merupakan alat bantu bagi tenaga kerja untuk memisahkan gabah dengan jeraminya, sehingga penggunaan pedal thresher menjadi satu kesatuan dengan tenaga kerja panen. Terdapat dua jenis thresher berdasar alat penggeraknya yaitu (1) Secara manual dengan menggunakan pedal (pedal thresher) dan (2) digerakkan dengan mesin (power threser). Penggunaan threser untuk merontok padi tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan varietas unggul baru berumur pendek dan mudah rontok.
Mesin perontok padi dikenal juga dengan Power Thresher adalah jenis mesin perontok yang telah terbukti handal dan sangat cocok dengan berbagai jenis lahan persawahan di Indonesia. Mesin perontok jenis ini telah banyak digunakan oleh petani di seluruh nusantara karena keunggulannya yang praktis dan mudah dipindahkan dari lahan satu lainnya. Digerakkan dengan mesin bertenaga diesel.


1.2 Tujuan penulisan makalah
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
·         Memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa tentang malat dan mesin perontok (Thresher), khususnya mesin perontok padi.
·         Mahasiswa mampu memahami kinerja /watak laku teknis dari mesin perontok padi (Thresher)
·         Mahasiswa mengetahui spesifikasi mesin perontok padi dalam kaitannya dengan penggunaan mesin tersebut.

1.3 Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dalam penulisan makalah ini adalah :
·         Mahasiswa mampu mengenali dan memahami prinsip kerja dan perilaku teknis dari mesin thresher tersebut.
·         Mahasiswa mampu mengaplikasikan mesin thresher ini dilapangan.

BAB II
ISI DAN PEMBAHASAN

2.1. Mekanisasi Pasca Panen
Proses pasca panen adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan setelah pemanenan. Proses-proses tersebut dapat berupa perontokan, pembersihan, pengeringan serta penyimpanan dan pengangkutan.
Untuk tanaman padi petani banyak menggunakan alat pemanen manual, misalnya ani-ani atau sabit meskipun dapat pula digunakan alat pemanen mekanis meskipun sangat jarang dilakukan petani di Indonesia. Pemilihan penggunaan alat-alat pemanen tersebut tergantung pada proses dan ketersediaan alat pemroses pasca panen. Misalnya apabila digunakan alat ani-ani maka perontokan bulir biasanya dilakukan dengan cara penumbukan. Sedangkan penggunaan sabit apabila perontokan dilakukan dengan cara dipukul-pukulkan ke tanah (gebod) atau denga menggunakan alat perontok baik manual atau otomatis.

Gambar 1. Contoh ilustrasi berbagai macam peralatan panen secara manual

2.2 Tujuan Perontokan
Proses perontokan padi adalah aktivitas kerja dari sebuah sistem manusia-mesin yang dilaksanakan secara manual. Disini kinerja proses akan sangat tergantung pada sepenuhnya pada manusia, baik dalam hal penggunaan tenaga maupun pengendalian kerja. Proses kerja dilakukan dengan menggunakan bantuan fasilitas/peralatan kerja berupa mesin perontok padi (thresher) yang pengoperasiannya sangat ditentukan oleh kinerja operator yang umumnya bekerja dengan posisi berdiri.
Secara umum, tujuan perontokkan adalah untuk mengurangi kehilangan gabah saat perontokan dan mengurangi kerusakan (pecah) butir gabah sehingga petani memperoleh nilai tambah dalam usahataninya (Purwadi, 1990).
Proses perontokan dilakukan apabila hasil panen diperoleh dalam bentuk malai (tangkai) seperti padi ataupun kedelai. Proses perontokan yang tertua secara manual dilakukan dengan cara memukul-mukulkan tanaman yang telah dipanen pada batang kayu dengan dialasi tikar. Di beberapa daerah terutama di Jawa perontokan dilakukan dengan cara menginjak-injak tanaman yang telah dipanen., baru setelah itu kemudian dikenal suatu alat perontok lebih maju yang dapat digerakkan secara manual dengan cara diengkol sehingga disebut pedal tresher ataupun secara mekanis (power tresher).

2.3. Perkembangan Power Thresher
Kegiatan perontokan padi dilakukan setelah kegiatan panen menggunakan sabit atau alat mesin panen (reaper). Kegiatan perontokan ini dapat dilakukan secara tradisional (manual) atau menggunakan mesin perontok. Secara tradisional kegiatan perontokan akan menghasilkan susut tercecer yang relatif besar, mutu gabah yang kurang baik, dan membutuhkan tenaga yang cukup melelahkan. oleh karena itu, dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah diciptakannya suatu mesin yang digunakan untuk merontokkan hasil panen, seperti padi,jagung dsb. Mesin perontok dirancang untuk mampu memperbesar kapasitas kerja, meningkatkan effisiensi kerja, mengurangi kehilangan hasil dan memperoleh mutu hasil gabah yang baik. Bermacam – macam jenis dan merk mesin perontok padi dapat dijumpai di indonesia, mulai dari yang mempunyai kapasitas kecil, sedang, hingga kapasitas besar.

Berbagai macam jenis mesin perontok padi (Thresher), yaitu :
1. Pedal Thresher (Thresher Semi Mekanis)
2. Power Thresher (Thesher Mekanis)

1.1   Pedal Thresher (Thresher Semi Mekanis)
Thresher jenis pedal ini mempunyai konstruksi sederhana, dapat dibuat sendiri oleh petani dan cukup dioperasikan oleh satu orang serta mudah dijinjing ketengah lapangan/ sawah. Pada umumnya hanya dipakai untuk merontok padi.
Dengan menggunakan pedal tresher maka didapat beberapa keuntugan, yaitu selain menunjukkan hasil lebih baik juga menunjukkan efisiensi waktu dan tenaga lebih tinggi serta kehilangan bulir yang lebih rendah.

          Gambar 1 : Pedal Thresher
1.1. 1 Spesifikasi Pedal Thresher :
§  Mampu menghemat tenaga dan waktu
§   Kebutuhan operatus 1 (satu) orang
§   Mudah dioperasikan dan akan mengurangi susut tercecer
§  Kapasitas kerja : 75 kg hingga 100 kg per jam
Gambar 2. Contoh ilustrasi alat perontok padi jenis pedal thresher.

Gambar 3.  Perontokan padi dengan pedal thresher
1.1.2   Prinsip Kerja Pedal Thresher
Prinsip dasar alat perontok ini adalah merontokkan bulir dari malai atau tangkai tanaman dengan menarik-nariknya dengan menggunakan suatu silinder putar yang dilengkapi gigi-gigi. Silinder diputar dengan menggunakan rantai yang dihubungkan dengan engkol (untuk perontok manual) atau poros mesin yang berputar. Gabah yang telah dirontokkan langsung ditampung dalam karung. Kapasitas perontok manual dapat mencapai 67 kg per jam dengan kebersihan 80%, sedangkan alat perontok mesin dapat mencapai 300 kg/jam dengan tingkat kebersihan 95%.

2.1.   Power Thresher (Thresher Mekanis)
Mesin Power Thresher (Mesin Perontok Padi) adalah jenis mesin perontok yang telah terbukti handal dan sangat cocok dengan berbagai jenis lahan persawahan di Indonesia.

Gambar 4. Contoh ilustrasi alat perontok padi jenis power thresher
Alat dan Mesin Pertanian (mesin perontok padi) dapat memberi kontribusi yang cukup berarti dalam  rangka meningkatkan keuntungan usahatani padi sawah. Unsur-unsur yang mendukung peningkatan keuntungan adalah kecepatan proses perontokan dan pembersihan sehingga menghemat waktu. Lebih penting lagi power thresher terbukti dapat mengurangi kehilangan gabah saat perontokan dan mengurangi kerusakan (pecah) butir gabah sehingga petani memperoleh nilai tambah dalam usaha taninya.



Gambar 5 : Power Thresher
2.1.1.      Spesifikasi Thresher Mekanis:
  •         Berat keseluruhan : 110 kg 
  •         Panjang X Lebar X Tinggi : 1325 X 965 X 1213 
  •        Kapasitas kerja : 500 hingga 600 kg per jam Padi 350 hingga 450 kg per jam Kedelai 700  hingga 1000 kg per jam Jagung 
  •        Kecepatan putar silinder :     o   padi 600 rpm 
       o   kedelai 600 – 650 rpm 
       o   jagung 650 – 700 rpm
    Kebutuhan tenaga : 3 sampai 4 orang
§  Kebutuhan bahan bakar : 0,9 liter per jam bensin 1,0 liter per jam solar
2.1.2  Prinsip Kerja Pedal Thresher
Power Thresher ini dapat dipakai untuk merontok biji-bijian (padi, jagung dan kedelai) dan dilengkapi dengan pengayak sehingga biji – bijian yang dihasilkan relatif bersih. Power thresher ini yang selanjutnya berkembang dan beredar di pasar indonesia dengan modifikasi yang berbeda – beda tergantung kepada merk dan model yang dikembangkan oleh masing – masing pabrikan.

2.3. Petunjuk Operasional
2.3.1 Petunjuk keselamatan kerja :

1.    Jalankan thresher hanya bila operator benar – benar telah memahami cara pengoperasiannya. Gunakan buku petunjuk ini sebagai panduan.
2.    Sebelum menjalankan thresher, yakinkan bahwa lingkungan sekitar aman dan ingat bahwa gas dari knalpot di ruangan yang tertutup sangat berbahaya.
3.    Jaga bagian tubuh (tangan, lengan, rambut dan kaki) dari sentuhan komponen
     mesin yang berputar. Kenakan pakaian yang tidak longgar supaya tidak tersangkut bagian mesin yang berputar.
4.      Gunakan masker penutup hidung agar terhindar dari debu yang ditimbulkan sewaktu proses perontokan berlangsung. Dan rambut yang panjang sebaiknya diikat supaya tidak terjepit oleh bagian mesin yang berputar.
5.      Jangan bekerja pada mesin yang kondisinya buruk (mur, baut kendor, dan lain-lain).
6.      Tangki bahan bakar diisi secukupnya, jangan sampai melimpah, dan jangan mengisi bahan bakar sewaktu mesin dalam keadaan hidup, jangan memakai lentera, dan jangan merokok, dsb)
7.       Apabila menggunakan mesin diesel dengan pendingin air, usahakan uap air pada tangki pendingin tidak berpengaruh terhadap bahan yang akan/ sedang dirontok.
8.       Apabila menggunakan mesin diesel dengan penggerak listrik, periksa terlebih dahulu kesempurnaan seluruh rangkaian kelistrikan, bahaya hubungan pendek arus listrik dapat menimbulkan kebakaran.
9.       Sediakan selalu kotak perlengkapan PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).

2.3.2 Petunjuk Operasional Mesin Perontok (Power Thresher)

A. Prosedur Sebelum Pemakaian
·         Taruhlah mesin ditempat yang rata, dekat dengan tumpukan hasil yang akan dirontok, bila perlu taruhlah alas terpal/ lembaran plastik di bawah mesin, untuk mengurangi susut karena tercecer.
·         Taruhlah dan posisikan mesin sedemikian rupa sehingga kotoran akan keluar searah dengan arah angin.
·          Untuk mengurangi susut tercecer posisikan mesin menghadap dinding atau buatlah dinding buatan berupa lembaran plastik/ anyaman bambu didepan mesin sedemikian rupa sehingga butiran bijian yang terlempar dapat dikumpulkan.
·         Bukalah penutup mesin dan periksalah : drum, semua gigi perontok, konkaf, bersihkan bagian dalam mesin dari kotoran dan benda asing yang sekiranya akan mengganggu dan merusak mesin dan juga berbahaya bagi operator.
·         Putarlah drum perontok dengan tangan sehingga yakin tidak ada yang lepas atau bersentuhan/ bergesekan.
·         Periksalah ketegangan dan garis lini sabuk puli, bila sabuk tidak dalam satu garis lini dan ketegangan tidak tepat maka sabuk puli akan cepat rusak sebelum waktunya. Untuk permukaan puli yang kasar sebaiknya diamplas dan bila puli retak, sebaiknya segera diganti.
·         Lumasilah semua bantalan dengan minyak pelumas atau pasta pelumas, periksa juga secara menyeluruh terhadap kemungkinan adanya mur, baur yang kendor.
·         Periksalah mesin apakah sudah cukup oli dan bahan bakarnya.


B. Cara Kerja Mesin Perontok (Power Thresher)
·         Setelah semuanya siap, star/ hidupkan mesin, biarkan sebentar mesin tanpa muatan. Periksalah posisi unit keseluruhan mesin, jangan sampai bergeser akibat getaran atau berpindah tempat.
·         Masukkan sedikit bahan asupan untuk memeriksa kemampuan alat, tambah kecepatan putar (rpm) drum perontok bila ternyata masih ada biji – bijian yang belum terontok.
·          Setelah mesin siap dioperasikan, masukkan bahan asupan yang akan dirontok ke pintu pemasukan secara teratur sebanyak mungkin tanpa menimbulkan overload, Tumpuklah bahan di meja pemasukan seefektif mungkin dua sampai tiga orang diperlukan untuk melayani mesin ini.
·         Kurangi pemasukan bahan bila terasa akan menjadi overloading, terutama untuk bahan yang masih belum kering. Apabila mesin macet/ slip karena overloading, matikan mesin, bukalah tutup mesin dan bersihkan bagian dalamnya.
·         Apabila dirasa posisi meja pengumpan terlalu tinggi, pergunakan alat bantu meja atau kursi untuk tempat berdiri operator pengumpan atau rendahkan posisi dudukan mesin perontok Cegahlah jangan sampai ada benda asing (batu, kayu, logam, mur, baut, kawat dsb) yang masuk kedalam mesin.
·          Kotoran berbentuk jerami yang keluar dari pintu pelempar jerami atau kipas penghembus harus segera dijauhkan dari mesin, agar tidak menyumbat saringan atau tercampur dengan gabah bersih hasil perontokan, bila perlu gabah ditampung langsung menggunakan karung di depan mulut pintu pengeluaran gabah.
·         Apabila proses perontokan telah selesai, mesin harus segera dibersihkan (terutama bagian dalamnya) untuk disimpan ditempat yang bersih dan kering, bila perlu diberi selimut agar tidak berkarat. Menyimpan mesin dalam keadaan kotor akan menjadikannya mesin sebagai sarang hama dan penyakit.

2.4. Kendala Permasalahan Pokok Adopsi Teknologi Power Thresher

2.4.1 Kendala Ekonomi
Beberapa kendala ekonomi yang dipandang sebagai kendala dalam penerapan adopsi power thresher adalah :
1.      Lemahnya permodalan petani, karena power thresher harganya mahal (Rp. 10-12 Juta/unit tergantung kapasitas)
2.      Tingginya harga BBM (solar) yang menyebabkan meningkatnya biaya operasional power thresher. Implikasi dari temuan ini perlu adnya dorongan dari pihak lain baik swasta maupun pemerintah untuk memecahkan masalah permodalan alsintan berupa :
(a) Bantuan permodalan pengadaan alsintan ditingkat petani;
 (b)Pengembangan sistem sewa yang adil antara pemilik alsintan dan petani.

2.4.2. Kendala Sosial
Kendala sosial kelembagaan dalam adopsi teknologi power thresher,
1.      Luas penguasaan lahan yang kecil dapat membatasi petani dalam melakukan investasi modal power thresher.
2.      Sebagian besar petani di perdesaan Pandeglang berstatus sebagai petani penggarap dengan sistem bagi hasil makro, diduga juga membatasi petani dalam melakukan investasi modal berupa power thresher
3.      Belum berkembangnya sistim panen secara tebasan dan berkembangnya kelembagaan kelompok panen dengan keanggotaan cukup (20 orang)
4.      Kurangnya jiwa kewirausahaan (Enterpreneurship), sehingga sebagian besar petani dan pelaku swasta kurang berani mengambil resiko dengan berinvestasi power thresher
5.      Tidak dikehendaki oleh buruh tani dan petani lahan sempit, karena akan mengurangi kesempatan kerja dan pendapatan berburuh panen yang telah ada
6.      Rata-rata tingkat pendidikan yang rendah diperkirakan semakin sulit melakukan adopsi teknologi power thresher .
7.      Eksistensi dan dinamika kelembagaan di tingkat kelompok tani rendah, sehingga posisi petani makin lemah dan cenderung tergantung pada program-program' bantuan pemerintah, seperti bantuan power thresher.

2.4.3.      Kendala Aspek Kebijakan Pemerintah
Kendala Aspek Kebijakan Pemerintah adalah belum adanya bantuan power thresher secara memadai di perdesaan Pandeglang, sehingga sebagian besar petani belum tahu manfaat dan efektivitas penggunaan power thresher.
Berdasarkan faktor - faktor tersebut, diperlukan pengembangan power thresher dengan memberdayakan bengkel-bengkel yang ada di wilayah setempat dengan menggandeng pihak swasta dan lembaga penelitian seperti Balai Besar Mekanisasi Pertanian dalam permodalan dan perancangan alat. Di Kab. Serang terdapat bengkel yang mampu menghasilkan power thresher yang dijual dengan harga sekitar Rp.7 juta. Bantuan langsung dari pemerintah pusat maupun daerah untuk power thresher maupun pedal thresher juga sangat dibutuhkan, Namun pemberian bantuan alsintan tersebut hendaknya disesuaikan dengan kondisi fisik, sosial-ekonomi serta kelembagaan panen dan pasca panen yang ada di masyarakat.

2.5. Kelebihan dan Kekurangan Thresher
A.    Kelebihan
ü  Mobilitas tinggi (menggunakan  roda transportasi).
ü  Pengumpanan (Input) jerami fleksibel dengan menutup dan membuka pintu input.
ü  Metode potong pendek (Through In), pengumpanan langsung jerami ke mesin perontok.
ü  Metode potong panjang (Hold On), pengumpanan jerami dipegang dengan tangan.
ü  Kecepatan putar kipas penghembus dapat diatur (rpm) dengan cara mengganti diameter pully kipas penghembus.

B.     Kekurangan
ü  Biaya awal lebih mahal.
ü  Biaya perawatan lebih mahal


BAB III
KESIMPULAN

Dari uraian tentang pembahasan,dapat diambil beberapa kesimpulan :
*      Ada 2  jenis mesin perontok  (Thresher), yaitu :
1. Pedal Thresher (Thresher Semi Mekanis)
2. Power Thresher (Thesher Mekanis)
*      Dalam usahatani padi, thresher merupakan alat untuk merontokkan padi menjadi gabah. Alat ini merupakan alat bantu bagi tenaga kerja untuk memisahkan gabah dengan jeraminya.
*      Thresher jenis pedal mempunyai konstruksi sederhana, dapat dibuat sendiri oleh petani dan cukup dioperasikan oleh satu orang serta mudah dijinjing ketengah lapangan/ sawah. Pada umumnya hanya dipakai untuk merontok padi.
*      Power Thresher  dapat dipakai untuk merontok biji-bijian (padi, jagung dan kedelai) dan dilengkapi dengan pengayak sehingga biji – bijian yang dihasilkan relatif bersih, serta mengurangi kehilangan gabah saat perontokan dan mengurangi kerusakan (pecah) butir gabah.
*      Fungsi dari Power Thresher / Mesin perontok padi / Mesin Perontok Serbaguna digunakan sebagai alat mesin pertanian yang serbaguna.
*       Mesin perontok jenis ini dapat digunakan sebagai mesin perontok padi, perontok kedelai dan perontok jagung, dsb.


DAFTAR PUSTAKA

Fadli Rustam, di adopsi dari Modul tentang Mekanisasi Pertanian, Pemberdayaan P3A-WISMP-IMRIFakultas Pertanian. Universitas Jember ; Jember.

Irwanto, A.K., 1983, Alat dan Mesin Budidaya Pertanian, Fakultas Teknologi
Pertanian, Institut Pertanian Bogor; Bogor.

Purwadi, T., 1999, Mesin dan Peralatan, Fakultas Teknologi Pertanian
Universitas Gadjah Mada; Jogjakarta.

Sukirno. 1999, Mekanisasi Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian .Universitas
Gadjah Mada ;Jogjakarta.

1 Response to "POWER THRESHER"

Unknown mengatakan...

sanagt membantu. :)