Dioda dan Penyearah

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Tujuan Percobaan

Adapun tujuan dari percobaan ini adalah untuk memahami penggunaan dioda dalam mengubah AC ke DC, memahami perbedaan antara penyearah setengah gelombang dengan penyearah gelombang penuh, serta untuk memahami maksud penggunaan kapasitor pada keluaran rangkaian penyearah.

1.2 DASAR TEORI

Lambang dari skemtik dioda adalah P dan N. Sisi P disebut anoda dan N katoda. Dioda yang dibias forwardkonduksinya baik sedangkan yang dibias reverse konduksinya buruk. Oleh karena itu jika menganalisa rangkaian dioda salah satu yang diperhatikan adalah apakah dioda itu dibias forward atau dibias reverse. Hampir semua rangkaian listrik memerlukan sumber daya DC. Baterai dapat digunakan sebagai system daya rendah yangdapat dibawa, akan tetapi lebih sering alat-alat elektronik diberi catu daya (power supply) suatu alat yang mengubah bentuk gelombang bolak-balik menjadi searah disebut dioda.

“suatu Penyearah setengah gelombang” suatu alat, seperti dioda semikonduktor, yang dapat mengubah suatu bentuk gelombang masukn sinusoidal menjadi bentuk gelombang dengan komponen rata-rata tak sama dengan nol disebut penyearah.

“Suatu gelombang penuh”, rangkaian ini nampak mengndung dua rangkaian setengah gelombang dihubungkan sedemikin sehingga penghantaran menjadi satu dioda selama setengah perioda dan melalui dioda yang lain selama setengah perioda yang kedua.

“Penyearah Jembatan”, ciri-ciri pokok dari rangkaian jembatan adalah : Arus yng ditarik dari rangkaian primer dan bagian sekunder dari transformator adalah sinusoidal, oleh karena itu transformator yang digunakan dapat lebih kecil dari pada yang digunakan dalam rangkaian gelombang penuh untuk keluaran yang sama, suatu trnsformtor tanpa sambungan tengah (center top) dipergunkan, dan lintasan tipa-tiap perioda hanya terdapat tegangan transformator dalam perioda yang berlawanan. Rangkaian jembatan cocok untuk pemakaian tegangan tinggi.

Pada penyearah penapisan, seringkali dikerjakan dengan memasang kapasitor parallel dengan beban. Kerja system ini bergantung pada kenyataan, baha kapasitor menyimpan energi selama proses periode tak menghantar. Dengan jalan ini perioda arus beban diperpanjang dan riak sangat kecil. Tegangan rik didefinisikan sebagai penyimpanan tegangan beban dari tegangan DC rata-rata (Millman dan Halkias : 1993)

Suatu penggunaan umum dioda untuk aplikasi penyearah, rangkaian penyearah setengah gelombang merupakan rangkaian penyearah yang paling sederhana. Dalam banyak aplikasi catu daya dengan dua dioda (atau dioda ganda) dalam rangkaian penyearah gelombang penuh. Kumparan kedua bercabang tengah (center tappest), sehingga V1 dan V2 mempunyai harga yang sama tetapi berbeda fase 180ยบ, dengan cabang tengah sebagai acuan (C. Edwin, lawnberg : 1995)


Untuk lebih lengkapnya silahkan download:
Modul 2 Dioda dan Penyearah.doc

0 Response to "Dioda dan Penyearah"