JENIS PLASTIK

Makalah Mata Kuliah Pengetahuan Bahan

JENIS PLASTIK

Oleh:
Kelompok 1 :




















JURUSAN TEKNIK PERTANIAN  FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
DARUSSALAM – BANDA ACEH
2012






PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Penemuan dan pembuatan plastik, pertama kali dilaporkan oleh Dr.Montgomerie pada tahun 1843, yaitu oleh penduduk Malaya dengan cara memanaskan getah karet kemudian dibentuk dengan tangan dan dijadikan sebagai gagang pisau. Pada tahun 1845 J.Peluoze berhasil mensintesa sululosa nitrat.
Cetakan bahan plastik yang pertama, dipatenkan  oleh J.L.Baldwin pada tangal 11 Februari 1862 yang disebut dengan molds for making daguerreotype cases. Cetakan ini kemudian digunakan secara luas untuk membentuk bahan-bahan plastik yang terdiri dari campuran getah karet dengan berbagai bahan pengisi, humektan dan pemplastik.
Plastik merupakan salah satu bahan kemasan yang banyak digunakan untuk mengemas bahan pangan atau produk makanan karena keunggulannya dalam hal bentuk yang fleksibel sehingga dapat mengikuti bentuk bahan yang dikemas, sifat tranparan (tembus pandang) yang menyebabkan produk yang dikemas dapat dilihat dari luar serta sifat tidak mudah pecah yang akan memudahkan dalam penanganan dan transportasi bahan yang dikemas. Sejak ditemukannya plastik dalam 40 tahun terakhir ini, kemasan plastik sangat mendominasi pasaran kemasan produk. Pada sisi lain plastik mempunyai kelemahan pula, yaitu tidak tahan panas dan beberapa jenis diketahui dapat mengkontaminasi produk yang dikemas, dimana sering kontaminannya bersifat toksik bagi manusia atau paling tidak menyebabkan penurunan mutu bahan yang dikemas. Beberapa kemasan plastik berasal dari material polietilen, polipropilen, polivinil chloride (penyebab munculnya dioksin bila dibakar/dipanaskan) dan senyawa turunan atau modifikasinya. Dari polimer yang sama seperti di atas juga dapat dibuat styrofoam, yang secara kontroversial sudah dilarang digunakan di beberapa negara maju karena dapat membahayakan keamanan produk makanan siap saji yang dikemas. 




0 Response to "JENIS PLASTIK"