HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR (PUS) DENGAN PEMERIKSAAN PAP SMEAR DI RUDZA BANDA ACEH

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR (PUS) DENGAN PEMERIKSAAN PAP SMEAR DI RUDZA BANDA ACEH


INTISARI
Cakupan program skrining di Indonesia baru sekitar 5% wanita yang melakukan pemeriksaan skrining Pap Smear tersebut. Sehingga hal itulah yang dapat menyebabkan masih tinggi kanker servik di negara Indonesia. Kanker serviks menduduki urutan kedua, yaitu dengan angka kejadian sekitar 500.000 orang dan kematian sebanyak 288.000 orang. Berdasarkan data dari RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh pada tahun 2014 ada 7.099 Pasangan Usia Subur yang berkunjung ke Poli Kebidanan,  yang melakukan pemeriksaan Pap Smear berjumlah 28 orang (0,39%), dan yang menderita kanker serviks sebanyak 69 orang. Pada tahun 2015 dari bulan januari sampai mei jumlah Pasangan Usia Subur yang berkunjung sebanyak 3.437orang, dan yang melakukan pemeriksaan pap smear 58 orang (1,68%). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap pasangan usia subur (PUS) terhadap pemeriksaan pap Smear Di RSUDZA Banda Aceh.
Metode penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan pada 11-17 September 2015, dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 37 responden PUS, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental sampling. Pengolahan data menggunakan uji Chi-Square test.
Berdasarkan hasil penelitian dari 37 responden yang diteliti, diperoleh bahwa sebagian besar pasangan usia subur tidak melakukan pemeriksaan pap smear yaitu sebanyak 30 responden (81,1%), sebagian besar pengetahuan responden berada pada kategori rendah yaitu sebanyak 22 responden (59,5%), dan sikap responden berada pada kategori negatif yaitu sebanyak 20 responden (54,1%).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan pemeriksaan pap smear  pada pasangan usia subur dengan nilai P=0,01 (P≤0,05), ada hubungan sikap dengan pemeriksaan pap smear  pada pasangan usia subur dengan nilai P=0,007 (P≤0,05). Diharapkan kepada tenaga kesehatan agar dapat memberikan informasi yang akurat tentang pentingnya pemeriksaan pap smear sehingga dapat menambah pengetahuan wanita usia subur tentang kanker serviks dan melakukan pemeriksaan pap smear pada wanita yang sudah menikah dan sudah melakukan hubungan seksual sehingga dapat mendeteksi dini terjadinya kanker serviks.



Kata Kunci                   : Pengetahuan, Sikap, Pap Smear, PUS
Kepustakaan               : 17 buku (2003-2014)
Jumlah Halaman            : xii, 64 halaman, 6 tabel, 1 gambar, 12 lampiran




0 Response to "HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR (PUS) DENGAN PEMERIKSAAN PAP SMEAR DI RUDZA BANDA ACEH"