UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IBL (INQUIRY BASED LEARNING) PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI MAS AL- AZIZIYAH BANDA ACEH

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IBL (INQUIRY
BASED LEARNING) PADA MATERI KOLOID DI KELAS
XI MAS AL- AZIZIYAH BANDA ACEH

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran  IBL (Inquiry  Based Learning) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid XI MAS Al-Aziziyah Banda Aceh, Untuk mengetahui aktifitas siswa dengan diterapkannya model pembelajaran IBL (Inquiry  Based Learning). Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas XI yang berjumlah 20 orang dari 10 laki-laki dan 10 perempuan.Untuk mengetahui  hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran IBL (Inquiry  Based Learning) pada materi koloid dilakukan dengan instrumen post-test serta observasi terhadap keaktifan siswa, dan tanggapan siswa dari angket. Berdasarkan hasil pengamatan  terhadap keaktifan siswa dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua mengalami peningkatan berturut-turut 86%, menjadi 90% dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 80%. Analisis data diolah dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan Penerapan Model Pembelajaran IBL (Inquiry  Based Learning) pada maeteri koloid. Pembelajaran IBL (Inquiry  Based Learning) dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran kimia khususnya materi koloid, maka dapat dikatakan  bahwa hasil belajar siswa akan meningkat setelah menggukan Penerapan Model Pemnelajaran IBL (Inquiry  Based Learning).

Kata Kunci : IBL (Inquiry  Based Learning), Hasil Belajar Siswa, Koloid




DAFTAR ISI

                                                                                                         Halaman
KATA PENGANTAR....................................................................................... .... i
ABSTRAK............................................................................................................... iii
DAFTAR ISI....................................................................................................... .... iv
DAFTAR TABEL................................................................................................... vi
DAFTAR LAMPIRAN.......................................................................................... vii


BAB I      PENDAHULUAN.................................................................................. 1
1.1     Latar Belakang Masalah..................................................................... 1
1.2     Rumusan Masalah.............................................................................. 3
1.3     Tujuan Penelitian................................................................................ 3
1.4     Manfaat Penelitian............................................................................. 3
1.5     Definisi Operasional........................................................................... 4

BAB II    LANDASAN TEORI.............................................................................. 6
2.1     Belajar dan Prinsip-prinsip Belajar..................................................... 6
2.2     Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar............................... 8
2.3     Model Pembelajaran........................................................................... 10
2.4     Pembelajaran Kooperatif.................................................................... 12
2.4.1        Pengertian Pembelajaran Kooperatif...................................... 12
2.4.2        Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif...................................... .... 13
2.4.3        Tujuan Pembelajaran Kooperatif............................................ 14
2.5     Model Pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning).......................... 15
  2.5.1     Pengertian IBL (Inquiry Based Learning)............................. 15
2.5.2    Langkah-langkah Pembelajaran IBL (Inquiry Based
            Learning)................................................................................ 16
2.6     Keunggulan dan Kelemahan IBL (Inquiry Based Learning)............. 21
2.7     Materi Koloid..................................................................................... 22

BAB III  METODE PENELITIAN....................................................................... 35
3.1     Tempat dan Waktu Penelitian............................................................ 35
3.2     Subjek Penelitian................................................................................ 35
3.3     Instrumen Penelitian........................................................................... 35
3.4     Teknik Analisis Data.......................................................................... 36
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN..................................... 37  
              4.1 Hasil Penelitan.................................................................................. .... 37
              4.2 Data Hasil Angket Tangapan Siswa Terhadap
                              Penerapan Model Pembelajaran IBL (Inquiry Based
                              Learning)...................................................................................... 38

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN............................................................ .... 42
5.1 Kesimpulan....................................................................................... .... 42
5.2 Saran................................................................................................. .... 42

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... .... 43





0 Response to "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IBL (INQUIRY BASED LEARNING) PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI MAS AL- AZIZIYAH BANDA ACEH"