SISTEM INFORMASI BANTUAN DANA BOS UNTUK SISWA

SISTEM INFORMASI BANTUAN DANA BOS UNTUK SISWA



ABSTRAK
Sistem informasi bantuan dana BOS untuk siswa pada SD Negeri lamlheu secara komputerisasi belum digunakan, untuk itu tujuan penelitian adalah merancang dan menghasilkan sistem informasi penerimaan bantuan dana BOS untuk siswa pada SD Negeri Lamlheu Kabupaten Aceh besar dengan menggunakan metode visual studio 2008 sebagai tampilan (interface) dan membahas cara-cara pembuatan suatu aplikasi pengolahan data dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang terdapat pada
visual studio 2008, microsoft access untuk mengelola data dan sebagai database, serta untuk membuat laporan menggunakan crystal reports. Kesimpulan yang didapat oleh penulis dalam pembuatan aplikasi ini adalah pencatatan data penerima bantuan dana BOS untuk siswa dapat dilakukan secara terkomputerisasi, mengurangi resiko kesalahan pada proses perhitungan serta membantu dalam pembuatan laporan yang cepat, mudah dan akurat dalam data.


 Kata Kunci : Sistem Informasi Bantuan Dana BOS Untuk Siswa, SD Negeri   Lamlheu Sibreh.


 BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
SD Negeri Lamlheu adalah salah satu sekolah dasar yang bernaung dibawah  Kantor Kementrian Pendidikan Kabupaten Aceh Besar. Sekolah dasar ini berstatus negeri, SD ini sangat strategis tempatnya karena letaknya tepat dipertengahan kampung, dan minat masyarakat yang kurang mampu sangat banyak untuk menyalurkan pendidikan dasar anaknya di sekolah dasar ini. Pada sekolah dasar ini sangat mendukung dalam mengelola lembar kerja seperti mengelola data siswa penerima bantuan dana BOS.
Seiring perkembangan teknologi computer dewasa ini yang semakin pesat dan telah menunjukkan perannya dalam berbagai aspek pekerjaan dibuktikan dengan adanya penemuan-penemuan baru dalam dunia usaha sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pemakai. Dalam rangka menuju lebih suksenya pelaksanaan tugas pada Sekolah Dasar diperlukan usaha peningkatan semua aspek ketatalaksanaan dibidang perlengkapan. Untuk mengetahui tingkat siswa penerima bantuan dana BOS pada SD Negeri Lamlheu ini dibutuhkan sebuah database yang bias dan mampu menggabungkan serta memanipulasi puluhan table sehingga menjadi satu table, dengan demikian akan mudah dalam proses penginputan data yang cepat tepat dan akurat
Sekolah Dasar Negeri Lamlheu saat ini telah memulai menggunakan fasilitas komputer diberbagai unit kegiatannya. Namun dalam pemanfaatan secara komputerisasi diberbagai unit saat ini dirasakan belum mencapai titik maksimal khususnya dalam penginputan data dimana selama ini penginputan data penerima bantuan dana BOS masih dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan pembukuan yaitu dengan menggunakan puluhan tabel dengan puluhan siswa yang ada pada Sekolah Dasar Negeri lamlheu. Sehingga pihak sekolah diperlukan suatu perangkat lunak aplikasi yang dapat merekam dan mengolah database pada Sekolah Dasar Negeri Lamlheu  sehingga dapat memperoleh informasi yang cepat tepat guna bagi pihak sekolah ataupun yang membutuhkannya.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka akan dilaksanakan perancangan dan pembuatan perangkat lunak dengan menggunakan pemograman Visual Studio 2008 yang dapat melakukan proses pengiputan data siswa penerima bantuan dana BOS pada Sekolah Dasar Negeri Lamlheu ini. Melihat keadaan ini, mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang sistem informasi pengolahan data siswa penerima dana BOS yang akan dilanjutkan untuk pembuatan tugas akhir yang akan diberi judul “ Sistem Informasi Bantuan Dana BOS Untuk Siswa Pada SD Negeri Lamlheu Menggunakan Visual Studio 2008“. Dengan adanya system pengolahan data siswa penerima bantuan dana BOS ini diharapkan dapat mempermudah dalam penginputan data siswa penerima bantuan dana BOS yang ada pada Sekolah Dasar Negeri Lamlheu.

1.2.  Batasan Masalah
Dari tujuan penelitian di atas maka diperlukan batasan penelitian mengenai sistem informasi bantuan  dana BOS untuk siswa pada SD Negeri Lamlheu Aceh Besar adalah :
1.    Pembuatan sistem informasi hanya pengolahan data Dana Bos pada SD Negeri Lamlheu Aceh Besar.
2.    Sistem ini hanya membahas tentang pengeluaran data penerimaan bantuan dana BOS untuk siswa dan informasi yang ada hubungannya dengan kegiatan yang sedang berjalan pada SD Negeri Lamlheu.
3.    Aplikasi yang digunakan untuk pembuatan sistem informasi menggunakan bahasa pemograman Visual Studio 2008.

1.3.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan ini dapat dirumuskan :
1.    Bagaimana merancang sistem informasi penerimaan bantuan untuk siswa pada SD Negeri Lamlheu Aceh Besar?
2.    Bagaimana menyajikan sistem informasi penerimaan bantuan untuk siswa pada SD Negeri Lamlheu Aceh Besar?

1.4.  Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sitem informasi penerimaan bantuan dana BOS untuk siswa pada SD Negeri Lamlheu Kabupaten Aceh Besar dengan bahasa program Visual Studio 2008 dapat digunakan untuk mengolah data agar lebih cepat, mudah dan akurat dalam data.
Berdasarkan rumusan permasalahan, maka tujuan penelitian ini dapat dirumuskan :
1.    Merancang sistem informasi penerimaan bantuan dana BOS untuk siswa pada SD Negeri Lamlheu Kabupaten Aceh Besar yang cepat tepat dan efisien.
2.    Menghasilkan sistem informasi penerimaan bantuan dana BOS untuk siswa pada SD Negeri Lamlheu Kabupaten Aceh Besar.

1.5.  Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penulisan ini adalah dapat digunakan sebagai salah satu media informasi Penerimaan dan pengeluaran Bantuan Dana Bos dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa Teknik Informatika Universitas Serambi Mekkah sekaligus pengatahuan serta wawasan dibidang informatika.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut maka manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah :
1.    Penelitian ini diharapakan dapat memberikan manfaat bagi Manajemen Bantuan Dana BOS di SD Negeri Lamlheu Aceh Besar.
2.    Penelitian ini juga bermanfaat dan berharap dengan hasil ini dapat meningkatkan pemahaman bagi peneliti sendiri dan rekan – rekan di jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik USM mengenai bantuan dana BOS.
3.    Menjadikan sistem informasi yang mampu membuat pelaporan keuangan yang lebih cepat, mempercepat informasi yang didapat dan membuat keakuratan data yang diperoleh untuk keperluan sekolah.

BIODATA PENULIS

1.      Nama Lengkap                  : Revina Emisahara
2.      Jenis kelamin                     : Perempuan
3.      Tempat, Tanggal Lahir       : Pucok Krueng, 11 Juni 1993
4.      Kewarganegaraan              : Indonesia
5.      Agama                              : Islam
6.      Status Perkawinan : Belum Kawin
7.      Tinggi, Berat Badan           : 155 cm, 42 Kg
8.      Kesehatan                         : Baik
9.      Alamat Lengkap                : Lueng Bata
10.  E-mail                               : remirazahara@yahoo.com
11.  Nama Orang Tua,          
a.       Ayah                           : Syahril
b.      Ibu                             : Syamsidar
12.  Riwayat Pendidikan,
·     Tahun 1999 – 2005    : SD Negeri 2 Terbangan
·     Tahun 2005 - 2008     : SMP Negeri 1 Terbangan
·     Tahun 2008 - 20011   : SMA Negeri 1 Pasie Raja, Aceh Selatan
·     FE USM, Program Studi Akuntansi, Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh

0 Response to "SISTEM INFORMASI BANTUAN DANA BOS UNTUK SISWA"