MAKALAH RADIOKIMIA

MAKALAH RADIOKIMIA
“SINAR GAMMA UNTUK TERAPI KANKER ATAU TUMOR”




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Kimia adalah salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang mempelajari tentang susunan, komposisi, struktur, sifat-sifat dan perubahan materi, serta perubahan energi yang menyertai perubahan materi tersebut. Alam dan seluruh isinya adalah materi. Tugas ilmu kimia adalah mempelajari dan memahami materi- materi di alam. Dewasa ini, terdapat tiga tipe perawatan kanker yang paling umum yaitu operasi, radioterapi, dan kemoterapi. Perawatan ditujukan untuk membuang sel- sel kanker atau menghancurkan mereka dalam tubuh dengan obat - obatan atau agen lainnya menggunakan sinar gamma.
Sinar gamma mungkin terdengar asing bagi kita karena bentuknya yang berupa sinar (radiasi) dan juga karena sinar gamma hanya dapat kita temukan pada proses nuklir. Mungkin yang sering kita dengar adalah sinar gamma untuk pengobatan kanker, tumor, dan penyakit lainnya. Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.


Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik dari sumber radiasi. Sinar gamma adalah adalah sebuah bentuk berenergi dari radiasi elektromagnetik yang diproduksi oleh radioaktivitas atau proses nuklir atau subatomik lainnya seperti penghancuran elektron- positron. Radiasi dalam bentuk partikel adalah jenis radiasi yang mempunyai massa terukur. Radiasi tidak dapat dideteksi oleh mata manusia, sehingga untuk mengenalinya diperlukan suatu alat bantu pendeteksi yang disebut dengan detektor radiasi. Ada beberapa jenis detektor yang secara spesifik mempunyai kemampuan untuk melacak keberadaan jenis radiasi tertentu yaitu detektor alpha, detektor gamma, detektor neutron.Dan pada makalah ini akan membahas tentang penggunaan sinar gamma yang merupakan salah satu radioterapi sebagai penghambat sel kanker dan pelacak bagian tubuh yang digerogoti kanker.
1.2 Rumusan Masalah
  1. Apa yang dimaksud dengan radiasi gamma?
  2. Dari manakah sumber gamma?
  3. Apa manfaatnya dari sinar gamma?
  4. Apa bahayanya dari sinar gamma?
  5. Apa yang dimaksud dengan kanker dan penyebabnya?
  6. Bagaimana proses penggunaan sinar gamma sebagai penghambat sel kanker dan pelacak bagian tubuh yang digerogoti kanker
1.3 Tujuan
  1. Untuk mengetahui pengertian sinar gamma, sumber, manfaat dan bahayanya
  2. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan kanker.
  3. Untuk mengetahui apa yang menyebabkan kanker.
  4. Untuk mengetahui bagaimana proses sinar gamma sebagai penghambat sel kanker dan pelacak bagian tubuh yang digerogoti kanker.

0 Response to "MAKALAH RADIOKIMIA"