UPAYA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IBL (INQUIRY
BASED
LEARNING)
PADA MATERI KOLOID DI KELAS
XI MAS AL- AZIZIYAH BANDA ACEH
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran IBL (Inquiry
Based Learning) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada materi koloid XI MAS Al-Aziziyah Banda Aceh, Untuk
mengetahui aktifitas siswa dengan diterapkannya model pembelajaran IBL (Inquiry
Based Learning). Subjek
dalam penelitian ini adalah siswakelas XI yang
berjumlah 20 orang dari 10 laki-laki
dan 10 perempuan.Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran IBL
(Inquiry
Based Learning) pada
materi koloid dilakukan dengan instrumen post-test serta observasi terhadap keaktifan siswa, dan tanggapan siswa dari angket. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap keaktifan siswa dari pertemuan pertama sampai
pertemuan kedua mengalami peningkatan berturut-turut 86%, menjadi 90% dan persentase
ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 80%. Analisis data diolah dengan rumus
persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya
peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan Penerapan Model
Pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) pada maeteri koloid. Pembelajaran
IBL (Inquiry Based Learning) dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran kimia khususnya materi koloid, maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa akan meningkat setelah menggukan Penerapan Model Pemnelajaran
IBL (Inquiry Based Learning).
Kata Kunci : IBL (Inquiry
Based Learning), Hasil Belajar Siswa,
Koloid
DAFTAR
ISI
Halaman
KATA
PENGANTAR....................................................................................... .... i
ABSTRAK............................................................................................................... iii
DAFTAR
ISI....................................................................................................... .... iv
DAFTAR
TABEL................................................................................................... vi
DAFTAR
LAMPIRAN.......................................................................................... vii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................. 1
1.1 Latar
Belakang Masalah..................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah.............................................................................. 3
1.3 Tujuan
Penelitian................................................................................ 3
1.4 Manfaat
Penelitian............................................................................. 3
1.5 Definisi
Operasional........................................................................... 4
BAB II LANDASAN
TEORI.............................................................................. 6
2.1 Belajar
dan Prinsip-prinsip Belajar..................................................... 6
2.2 Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Hasil Belajar............................... 8
2.3 Model
Pembelajaran........................................................................... 10
2.4 Pembelajaran
Kooperatif.................................................................... 12
2.4.1
Pengertian Pembelajaran Kooperatif...................................... 12
2.4.2
Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif...................................... .... 13
2.4.3
Tujuan Pembelajaran Kooperatif............................................ 14
2.5 Model
Pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning).......................... 15
2.5.1
Pengertian IBL (Inquiry Based Learning)............................. 15
2.5.2 Langkah-langkah Pembelajaran IBL (Inquiry Based
Learning)................................................................................ 16
2.6 Keunggulan
dan Kelemahan IBL (Inquiry Based Learning)............. 21
2.7 Materi
Koloid..................................................................................... 22
BAB III METODE
PENELITIAN....................................................................... 35
3.1 Tempat
dan Waktu Penelitian............................................................ 35
3.2 Subjek
Penelitian................................................................................ 35
3.3 Instrumen
Penelitian........................................................................... 35
3.4
Teknik
Analisis Data.......................................................................... 36
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN..................................... 37
4.1 Hasil Penelitan.................................................................................. .... 37
4.2 Data Hasil Angket Tangapan
Siswa Terhadap
Penerapan Model
Pembelajaran IBL (Inquiry Based
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN............................................................ .... 42
5.1 Kesimpulan....................................................................................... .... 42
5.2 Saran................................................................................................. .... 42
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... .... 43
0 Response to "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IBL (INQUIRY BASED LEARNING) PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI MAS AL- AZIZIYAH BANDA ACEH"
Posting Komentar