( RPP )
Satuan Pendidikan
:
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : cerita pendek
Kelas/ Semester : V11 / 2
Jumlah Pertemuan
: 9 Jam (3x pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran Agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati peri laku jujur, disiplin, tanggung jawab, Peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan Rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan teknologi,seni budaya terkait Fenomena dan kejadian tanpak mata.
4.
Mencoba, mengolah, mengkaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggu-nakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak disekolah dan yang lain yang sudut
pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menghargai dan
mensyuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1
Menghai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan
Yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
3.1
Memahami teks cerpen
baik lisan maupun tulisan.
4.1
menangkap makna cerita
pendek.
C.
Indikator
pencapaian kompetensi
2.1
Memiliki perilaku
percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa dalam jangka pendek.
Indikator KD
3.1 peserta didik dapat
1. Memahami
struktur teks cerpen
2. Memahami
fitur bahasa
Indikator KD 4.1
peserta didik dapat :
1. Menentukan
kata - kata sulit
2. Mengartikan
kata - kata sulit
3. Menemukan
makna isi teks
4. Menemukan
maksud teks
D.
Materi
pokok
Pertemuan pertama
Struktur /bentuk teks cerpen
:
1.
Orientasi
2.
Komplikasi
3.
Resolusi
Fitur/ciri - ciri bahasa ;
1.
konjungsi
2.
kata sifat
3.
kata keterangan
4.
kata ganti
E.
Langkah
– langkah kegiatan pembelajaran KD memahami teks cerpen
Pertemuan
1 (memahami stuktur)
Pendahulan
(10 menit)
1. Peserta
didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi Siswa
dan kelas
2. peserta
didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan Sebelumnya
dengan materi yang akan dipelajari.
3. Untuk
memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran teks cerita cerpen Guru menampilkan satu teks cerita
pendek atau bertanya tentangkebiasaan membaca cerita
4. peserta
didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks cerpen dengan menanyakan
teks cerpen yang pernah mereka baca
5. peserta
didik menerima informasi tentang mamfaat dan tujuan pembelajaran
Kegiatan
Inti (60
menit)
Mengamati
1.
Guru membagikan teks
cerita pendek kepada peserta didik
2.
Peserta didik mengamati
gambar atau teks cerpen
3.
Peserta didik membaca
teks cerpen (sebagai pemodelan ) dengan cermat untukmelihat bentuk/struktur
teks cerpen (orientasi, komplikasi, dan resolusi )
Menanya
4.
Peserta didik menanya
tentang fungsi teks cerpen
5.
Peserta didik menanya
tentang bentuk atau srtuktur/ bentuk teks cerpen(orientasi, komplikasi, dan resolusi)
Mengumpulkan
data
6.
Peserta didik
berdiskusi tentang fungsi teks cerpen
7.
Peserta didik
berdiskusi tentang struktur/ bentuk teks cerpen
8.
Peserta didik
berdiskusi tentang pengertian dari sruktur orientsi, komplikasi, resolusi
9.
Peserta didik
berdiskusi tentang isi teks cerpen
Menalar/mengasosiasi
1.
Peserta didik
menyimpulkan teks cerpen berdasarka struktur teks
2.
Peserta didik membaca
teks dari berbagai sumber dan mengidentifikasi bentuk/struktur teks cerpen
3.
Peserta didik menalar bentuk/struktur
teks cerpen (orientasi, komplikasi, resolusi)
4.
Peserta didik menalar
mengenai isi teks (unsur intrinsik)
Mengomunikasikan
1.
Peserta didik
menyampaikan hasil pemahaman mengenai bentuk/struktur teks cerpen
2.
Peserta didik
menyampaikan hasil pemahaman mengenai isi teks (unsur intrinsik)
Penutup ( 10 menit )
1.
Dalam bibingan guru
peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang struktuk/
Fitur bahasa cerpen
2.
Peserta didik menjawab
pertanyaan yang diberikan guru
3.
Peserta didik
mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai srtuktur/bentuk teks
cerpen da nisi teks
4.
Peserta didik menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
Pertemuan 2 (memahami
ciri-ciri bahasa cerpen)
Pendahulan
(10 menit)
1.
Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi Siswa
dan kelas
2. Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan Sebelumnya yaitu
memahami struktur teks ceks cerpen dengan materi yang akan dipelajari.
3. Untuk
memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran teks cerita cerpen guru
menampilkan satu teks cerita pendek atau bertanya tentang kebiasaan membaca
cerita
4. Peserta
didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang memhami fitur/ciri-ciri
bahasa cerpen
5. Peserta didik menerima informasi tentang mamfaat dan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti(60 menit)
Mengamati
1.
Guru membagikan teks
cerita pendek kepada peserta didik
2.
Peserta didik membaca
teks cerita pendek dengan cermat untuk melihat fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen(kata sifat,kata
ganti,konjungsi,kata keterangan)
3.
Peserta didik membaca
teks untuk memahami fitur/ ciri-ciri bahasa yang terdapat daam teks cerpen
Menanya
4.
Menanya tentang fungsi
fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen
5.
Peserta didik menanya
tentang fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen(kata sifat, kata ganti, kata keterangan
dan konjungsi)
6.
Peserta didik bertanya
tentang fitue/ciri-ciri bahasa dalam teks cerpen yang sudah dibagikan guru
Mengumpulkan
data
7.
Peserta didik
berdiskusi tentang fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen (konjungsi, kata kerja,
kata sifat,dan kata ganti)
Menalar/mengasosiasi
8.
Peserta didik
menyimpulkan teks cerpen berdasarka fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen
9.
Peserta didik membaca
teks dari berbagai sumber dan mengidentifikasi fitur/ciri-ciri bahasa teks
cerpen
10.
Peserta didik menalar
fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen ( kata ganti, kata sifat,kata
keterangan,konjungsi )
Mengomunikasikan
11.
Peserta didik
menyampaikan hasil pemahaman mengenai fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen
Penutup ( 10 menit )
12.
Dalam bibingan guru
peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen
13.
Peserta didik menjawab
pertanyaan yang diberikan guru
14.
Peserta didik
mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai fitur bahasa teks
cerpen
15.
Peserta didik menyimak
informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
Pertemuan
3 :KD menangkap makna
Pendahuluan
(10 menit)
1.
Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas
2.
Peserta didik merespon
pertanyaan dari guru tentang pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari yaitu struktur
teks dan cirj - ciri bahasa dan menangkap
makna sulit dalam teks cerpen
3.
Peserta didik
disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang menangkap makna cerpen dengan menanyakan teks cerita
cerpen yang pernah mereka baca dan ketagui
4.
Peserta didik menerima
informasi tentang tujuan dan mamfaat pembelajan
Kegiatan
Inti (60 menit)
Mengamati
1.
Guru membangun konteks
dengan membagikan teks cerita pendek kepada peserta didik
2.
Peserta didik membaca
teks cerita pendek dengan cermat untuk menemukan kata-kata sulit
3.
Peserta didik mencari
arti kata-kata sulit di dalam
kamus Bahasa Indonesia
4.
Paserta didik
mengamati arti kata-kata sulit tersebut dengan menggunakan kaidah penggunaan
bahasa (pilihan kata)
5.
Paserta didik
mengamati arti kata-kata sulit untuk menemukan makna isi teks
6.
Peserta didik
mengamati arti kata-kata sulit dan makna isi teks untuk menemukan maksud teks
Menanya
7. Peserta
didik menanya fungsi menemukan dan mengartikan kata sulit
8. Peserta
didik menanya fungsi menemukan isi teks
9. Peserta
didik menanya tentang maksud teks
Mengumpulkan
data
10.
Peserta didik berdiskusi
tentang kata-kata sulit dan arti kata-kata sulit
11.
Peserta didik
berdiskusi tentang cara menemukan isi teks
12.
Peserta didik
berdiskusi tentang cara menemukan maksud teks
Menalar/mengasosiasi
13.
Peserta didik membaca
teks cerpen yang telah ditentukan oleh
guru dengan cermat
14.
Peserta didik menemukan kata - kata yang sulit
dalam teks cerpen
15.
Peserta didik mencari
arti kata - kata sulit yang terdapat pada teks cerpen dalam kamus bahasa
Indonesia
16.
Peserta didik
menemukan makna isi teks cerpen berdasarkan struktur/ bentuk teks
17.
Peserta didik
menemukan maksud teks dalam cerpen
berdasarkan struktur /bentuk teks
Mengomunikasikan
18.
Peserta didik menyampaikan hasil pemahaman
mengenai kata sulit, mengartikan kata
Sulit,menemukan isi teks,dan
menemukan maksud teks
Penutup
(10 menit)
1. Guru
memberikan umpan balik kepada peserta didik dengan menanyakan hambatan-hambatan
didalam proses pembelajaran
2. Guru
memberikan penguatan mengenai tentang kata-kata sulit,mengartikan kata sulit,
menemukan makna isi teks, dan menemukan maksud isi teks
F.
Penilaian
1.
Penilaian sikap
a.
Tehnik : Pengamatan sikap
b.
Bentuk : Lembar pengamatan
c.
Instrumen
No
Nama peserta Relijius
/PBI Jaujur Skor
Nilai Konv
Didik
1 2 3
4 1 2
3 4
1.
2.
3.
Rubrik
Rubrik
|
skor
|
Sama sekali
tida ada menunjukkan perilaku jujur dalam melakukan kegiatan
|
1
|
Menunjukkan
sudah ada usaha berperilaku jujur dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum konsisten
|
2
|
Menunjukkan
ada usaha berperilaku jujur dalam melakukan yang cukup sering dan mulai
konsisten
|
3
|
Menunjukkan
adanya usaha berperilaku jujur dalam melakukan kegiatan secara terus menerus
dan konsisten
|
4
|
Pedoman penilaian sikap
Skor =
Jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai =
Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Konversi nilai =(nilai
/100)x 4
Kategori nilai dapat
dilihat pada table konversi
Nilai sikap(K,C.B,SB)
2.
Penilaian pengetahuan
a.
Tehnik : Tes uraian
b.
Bentuk : Uraian
c.
Insrtumen
1.
Identifikasikanlah teks cerpen berikut ini bedasarkan srtuktur teks !
2.
Identifikasikanah teks cerpen
berikut berdasarkan fitur / ciri -
ciri bahasa!
Lembar kerja
Nama : ……. kelas : ……
Sekolah :….
Jenis teks Aspek skor nilai konv
Struktur fitur bahasa
Rubrik KD 3.1
Rubrik
|
skor
|
Menuliskan
struktur teks cerpen dengan kurang tepat
Menuliskan
struktur teks cerpen dengan cukup tepat
Menuliskan
struktur teks cerpen dengan tepat
Menuliskan
struktur teks cerpen dengan sangat tepat
|
1
2
3
4
|
Menuliskan
fitur /ciri-ciri bahasa teks cerpen dengan kurang tepat
Menuliskan
fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen dengan cukup tepat
Menuliskan
fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen dengan tepat
Menuliskan
fitur/ciri-ciri bahasa teks cerpen dengan sangat tepat
|
1
2
3
4
|
Pedoman penilaian
Skor =jumlah perolehan seluruh aspek
Nilai =skor yang diperoleh x100
Skor maksimal
Konversi nilai
=(nilai/100)x 8
Katagori milai dapat
dilihat dari konversi nilai pengetahuan
3.
penilaian keterampilan
a.
tehnik :tes ujian kerja
b.
bentuk ;tes uji petik kerja dan rubric
c.
instrument
1.
Carilah kata –kata
sulit yang terdapat dalam teks cerpen dan carilah artinya dalam kamus
2.
Temukan isi teks
beserta maksudnya berdasarkan struktur teks
Lembar kerja
Nama : ……. kelas : …… Sekolah :….
Jenis teks
|
Aspek
|
skor
|
nilai
|
Konv
|
|||
Cerpen
|
kata sulit
|
arti kata sulit
|
makna isi
teks
|
maksud teks
|
|
|
|
Rubrik
No
|
Kriteria
penilaian
|
skor
|
1.
|
Menemukan kata-kata sulit
a . benar dan tepat
b.
benar tetapi kurang tepat
c.
kurang benar dan tepat
d.
kurang benar dan kurang tepat
|
4
3
2
1
|
2.
|
Mengartikan kata-kata sulit
a . benar dan tepat
b.
benar tetapi kurang tepat
c
kurang benar dan tepat
d.
kurang benar dan kurang tepat
|
4
3
2
1
|
3.
|
Menemukan makna isi teks
a . benar dan tepat
b.
benar tetapi kurang tepat
c.
kurang benar dan tepat
d.
kurang benar dan kurang tepat
|
4
3
2
1
|
4.
|
Menemukan maksud teks
a . benar dan tepat
b.
benar tetapi kurang tepat
c.
kurang benar dan tepat
d.
kurang benar dan kurang tepat
|
4
3
2
1
|
G.
Media,Alat
dan Sumber
1.
Media pembelajaran
Power
poin tentang struktur teks cerpen ciri - ciri bahasa
2.
Alat dan Bahan
Teks
cerita pendek,KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia)
3.
Sumber
-
Kementerian pendidikan
dan kebudayaan .2013 Bahasa Indonesia: Wahana pengetahuan kelas V11.Jakarta: kementerian pendidikan dan Kebudayaan
-
Kementerian pendidikan dan
kebudayaan .2013b.Bahasa Indonesia : Wahasa pengetahuan :Buku
Guru.Jakarta:Kementerian pendidikan dan Kebudayaan
-
Pusat pembinaan dan pengembangan
bahasa .2003.kamus besar bahasa Indonesia.Jakarta
:Balai pustaka
Mengetahui
Guru pamong
|
, ……………....2015
Guru PPL Bahasa Indonesia
|
Kepala Sekolah
NIP:
0 Response to "RPP KELAS 7 BAHASA INDONESIA TEMA CERITA PENDEK"
Posting Komentar