MENGATASI MESIN FOTOCOPY CANON IR ERROR E733

MENGATASI ERROR E733 PADA MESIN IR

Baik kali ini saya akan membahas Mesin fotocopy canon type IR yang erro  E733.

Apa maksud dan komponen apa yang mengalami kerusakan pada error E773 mari kita bahas bersama.

Maksud dari Error E733 adalah :

E733
0001 A fault is detected by the main controller PCB in the communication between the DC controller PCB and the main controller PCB Main cause The connector has poor connection. The DC controller PCB is faulty

Action
1. Connector, DC controller PCB Is the connection between the connector J1015 on the main controller PCB and the conductor J316 on the DC controlled PCB normal?
NO: Correct the connection.

YES: Replace the DC controller PCB.(dikutip dari buku manual canon)


Ya, Error E733 sangat sulit mencari penyebabnya karena cakupan kerusakan yang harus di telusuri cukup luas. Maka pada kali ini saya akan berbagi cara menangani Erorr E733 dengan singkat menurut pengalaman pribadi saya dengan singkat namun dapat menyelesaikan masalah.

Penyebab-penyebab Error E733 :

1.    Readernya tidak terpasang dengan baik (RUSAK), sehingga tidak ada komunikasi antara DC Control dan Motherboard

2.    Motherboard ( Ram, bootrom) Kotor
3.    Power Supply
Mesin fotocopy sama dengan halnya pernagkat elektronik lainnya yang dilengkapi dengan Power supply, power supply inilah yang akan mengubah arus AC menjadi DC dan mengtur semua sumber daya serta membaginya ke tiap-tiap komponen elektronik yang ada di mesin fotocopy tersebut.

Maka Jika power suply sudah mengalami kerusakan pasti komponen-komponen yang mendapatkan pasukan energy listrik akan mengalami kerusakan pula.

Inilah penyebab Error E733 pada mesin fotocopy anda

Untuk memperbaiki Anda bisa membuka cover belakang mesin fotocopy anda dengan hati-hati dan anda akan melihat sebuah papan PCB yang banyak dengan kabelnya itu namanya DC Controler, nah ada sebuah kabel selendang yang terpasang dari DC Controler ke Motherboard, Motherboard terletak disisi Kiri disamping  DC Controler, Anda bisa membuka baut plat Motherboard dan dilamanya anda adapat melihat isi motherboard ada RAMnya anda dapat mencabut dengan pelan-pelan dan membersihkan dengan Stips penghapus pensil.

Untuk kerusakan pada power supply ini anda tentunya tidak bisa memperbaikinya sendiri, kecuali anda adalah seorang teknisi elektronik, cara yang biasa Jika anda bukan teknisi elektronik anda bisa mencabutnya dan membawa kepda ahlinya. Psosisi Power Supply IR 5000 letaknya ada di cover samping kiri bagian paling bawah atau dibawah tray keluarnya kertas, anda bisa membuka baut-bautny, hati-hati sebelum membukanya supaya tidak ada cover-cover yang patah,



Hanya sampai disini yang dapat disampaikan pada Error E733, dari sekian banyak mesin yang saya miliki dan dari beberapa mesin yang pernah mengalami Error E733 dengan cara memperbaiki Power supply error tersebut dapat teratasi.

Note. Admin tidak bertanggung jawab atas apa yang tertulis di atas, Admin                  hanya menginformasikan pengalaman pengalaman di lapangan.

0 Response to "MENGATASI MESIN FOTOCOPY CANON IR ERROR E733"