TINJAUAN PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN PABRIK PADA PMKS

Laporan Praktek Lapang




TINJAUAN PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN PABRIK
PADA PMKS PT.NAFASINDO KECAMATAN KOTA BAHARU
KABUPATEN ACEH SINGKIL PROVINSI ACEH



OLEH:

MUHAMMAD UDAI
NIM: 0805106010055



















JURUSAN TEKNIK PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
DARUSSALAM - BANDA ACEH
2012




BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Belakangan ini banyak bisnis yang semakin berfokus pada visi menjadi perusahan berkelas dunia, termasuk diantaranya Perseroan Terbatas Perkebunan PT.Nafasindo. Agar semakin kompetitif dalam mencapai tujuannya tersebut, perusahaan perlu melakukan optimasi pada aspek biaya, kuantitas dan kualitas produk.
Untuk itu banyak bisnis yang mengaplikasikan berbagai metode untuk perbaikan dalam hal pengurangan biaya, manajemen kualitas, pengaturan proses bisnis, dll. Dalam  beberapa perusahan, ada yang berfokus terhadap perbaikan aktivitas perawatan (maintenance).
Bagi perusahaan yang menempatkan produksi sebagai bidang utama dalam rantai nilainya, diperlukan perhatian besar terhadap proses-prosesnya agar dapat mendukung penuh tujuan perusahaan. Dalam produksi yang terhambat karena terjadinya kerusakan mesin yang digunakan, biaya kerugian yang disebabkan stagnasi produksi bias sangat tinggi. Karena itulah aktivitas perawatan (maintenance) menjadi suatu yang penting.
Selain itu perawatan mesin yang baik akan meningkatkan keamanan (safety) bagi karyawan karena merugikan resiko kerusakan mesin yang berpengaruh terhadap resiko kecelakaan terhadap operator dan pekerja pabrik.
B.     Tujuan Praktek Lapang
Tujuan praktek lapang ini adalah untuk mengetahui sistem Pemeliharaan  pada pabrik minyak kelapa sawit di  PT. Nafasindo Pabrik kelapa sawit  Aceh singkil yang diterapkan untuk mendapatkan produktivitas produksi yang tinggi dengan menggunakan metode-metode kerja yang ada. Dengan demikian diterapkan sistem pemeliharaan dan perawatan pada pabrik dengan baik dan benar diharapkan dapat mengurangi kesalahan dan kerugian.

C.     Ruang Lingkup Praktek Lapang
Ruang lingkup umum Praktek Lapang ini adalah mengetahui bagaimana sistem perawatan dan pemeliharaan pabrik kelapa sawit yang telah dilakukan oleh PT.Nafasindo Aceh Singkil.

D.    Metode Praktek Lapang
Beberapa metode yang digunakan penulis dalam menyelesaikan laporan praktek lapang ini, dimana antara metode yang satu dengan yang lain akan sangat terkait dan saling mendukung penyelesaian praktek lapang ini. Berikut terdapat beberapa metode yang telah dilaksanakan oleh penulis, antara lain:
1.      Metode Survei
Penulis melaksanakan survei pada perusahaan yang dituju dan melakukan peninjauan langsung terhadap operasi pengolahan pada pabrik kelapa sawit tersebut.


2.      Metode Wawancara
Penulis melakukan wawancara tanya-jawab kepada pihak yang berkompeten pada perusahaan tersebut seputar proses pengolahan dan perawatan maupun perbaikan mesin yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.
3.      Studi Literatur
Untuk mendukung penyelesaian tugas akhir ini, penulis melaksanakan studi literatur seputar industri pengolahan kelapa sawit sehingga pembahasan pada karya akhir ini lebih sempurna.

E.     Tempat dan Waktu
Pelaksanaan Praktek Lapang ini dilaksanakan di  PT.Nafasindo Aceh Singkil. Waktu pelaksanaan selama ± 25 hari, dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2012 sampai dengan tanggal 25 Juli 2012.

F.      Manfaat Praktek Lapang
Hasil Praktek Lapang ini diharapkan dapat berguna sebagai bahan pertimbangan dan sebagai bahan informasi untuk kita tentang perawatan dan pemeliharaan PMKS dimana sangat pentingnya untuk memperpanjang umur alat dan mesin PMKS dan sebagai kajian bagi mahasiswa/i lainnya dalam hal pengembangan keilmuannya.
 DOWNLOADS SELENGKAPNYA
  1. BAB I
  2. BAB II
  3. BAB III
  4. BAB IV
  5. BAB V 

0 Response to "TINJAUAN PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN PABRIK PADA PMKS"